Minggu, 19 April 2009

Ada Apa Dengan Alexa ?

Alexa kembali menjadi masalah yang membuat blog ini sedikit resah. Ada apa dengan Alexa ? Kenapa angka-angkanya terus-terusan mengalami peningkatan yang otomatis mengurangi popularitas blog. Beberapa syarat yang dikabarkan menjadi alasan cara penilaian alexa juga Achiles pikir mengalami peningkatan. Baik itu Visitor maupun perbandingan Page View dan lamanya waktu visitor didalam blog. Beberapa usaha sudah dilakukan baik itu meningkatkan kualitas penulisan artikel, penambahan postingan yang berhubungan yang berguna untuk meningkatkan Page View, meningkatkan visitor, mengurangi bobot blog dll. Namun setiap usaha yang sepertinya sudah membuahkan hasil ini masih tidak dilirik oleh Alexa untuk menghentikan angka-angka yang terus mengalami kenaikan. Ada Apa dengan Alexa dan apa ada yang masih salah dalam blog ini sehingga Alexa sepertinya sudah sangat tidak tertarik lagi.

Sebagai catatan bobot blog dari beberapa tool yang Achiles pakai menunjukkan kurang dari 100kb dengan waktu loading tidak sampai 1 menit. Perbandingan Page view dan visitor/day adalah 2:1. Lamanya visitor dalam blog rata2 2 menit. Visitor dari hari kehari mengalami peningkatan walaupun ada 1 atau 2 hari dalam seminggu mengalami penurunan sekitar 10%. Apakah hal tersebut dirasa kurang cukup oleh Alexa ? Sebagai Pemula yang masih harus banyak membaca cara belajar blog, Achiles mohon ada yang memberi petunjuk agar Alexa blog ini tidak semakin membengkak. Sebagai catatan tambahan, Alexa sudah pernah mencatat hingga angka 104rb 2 bulan lalu untuk blog ini, tapi sekarang sedikit demi sedikit malah mencapai angka 160rb. Ada apa dengan Alexa ?

Memang bukan masalah popularitas yang sedang dikejar namun untuk pemain Review pasti sudah mengerti bahwa Alexa adalah salah satu penilaian yang diajukan oleh para Advertiser yang akan memberikan Job Review kepada suatu blog disamping Pagerank. Memang masih belum ada penurunan jumlah review dan harga penawaran, semuanya masih stabil (stabil sepi maksudnya), tapi kalo angka-angka ini tidak segera dihentikan dan diturunkan lagi maka dikhawatirkan akan sangat berpengaruh pada Job Review dimasa mendatang. Apalagi yang harus dilakukan agar Alexa kembali menurunkan angka-angkanya ?

Sebagai Blogger pemula yang mulai Matre, memang secara jujur masalah Alexa adalah sebuah masalah yang harus dicarikan jalan keluar agar penghasilan dari Job Review tidak berkurang. Hal ini memang agak berbeda seperti dulu dimana Achiles tidak terlalu pusing dengan angka statistik karena tidak pernah tahu syarat2 Advertiser dalam memberikan Job Review. Namun ada hal yang cukup disyukuri bahwa pendapatan PPC baik lokal maupun Google adsense mengalami kenaikan seiring bertambahnya visitor dari hari ke hari. Hal inilah yang membuat obat penawar kekecewaan terhadap Alexa. Apa perlu Alexa ini disuntik hormon pelangsing agar segera menghentikan bobot tubuhnya yang mulai tambun ? Sekali lagi mohon ada bimbingan dari blogger lain untuk memberikan masukan karena Achiles sudah tidak tahu lagi harus berbuat apa untuk gadis cantik Alexa ini. Apakah Achiles harus menunggu Pesta Blogger 2009 untuk menemukan semua jawaban ini ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar