Minggu, 02 November 2008

BLOG-MU PAHIT !!

Ada hal yang menarik ketika aku memutuskan membuat secangkir kopi untuk menemani aktifitas ngeblog-ku. Aroma kopi tubruk yang khas ditambah rasa pahitnya yang kental membuat mataku seakan2 dicharge kembali. Ngomong2 soal kopi jadi teringat bukunya dewi lestari yang bejudul filosofi kopi. Menurut dee kopi tubruk adalah kopi yang jujur, dia tampil apa adanya, tidak kehilangan "identitas dirinya" walaupun ditempatkan digelas yang jelek sekalipun karena kekuatan dari kopi ini adalah dari rasanya dan bukan dari tempat penyajiannya. Kalo kopi capucino adalah kopi yang ekslusif. Kopi jenis ini akan diakui "identitasnya" jika ditempatkan pada cangkir yang indah.

Bagaimana dengan Blog kita ? apa yang menjadi kekuatan dari blog kita ? Page rank ? alexa rank ? template ? widget ? ataukah keorisinilan artikel kita ? Mungkin itu tergantung dari motivasi kita masing2 dalam membuat blog, tergantung dari dengan cara apakah diri kita ingin dikenal. Ada yang ingin dikenal karena profil pemilik blog yang "mentereng" dengan background pendidikan,sosial,ekonomi dll. Ada yang ingin dikenal sebagai pemilik blog yang "cantik abis", yang melengkapi blognya dengan gadget2 yang "mutakhir" tiada duanya. Ataukah kita ingin agar kita dikenal sebagai orang yang memberikan informasi2 yang berguna bagi orang lain. Semuanya saya kembalikan pada diri kita masing2.

Seperti halnya kopi yang bercirikan rasa pahit, setiap blog juga punya ciri khas masing2, punya kelebihan dan kekurangan masing masing. Jangan kehilangan identitas blog hanya karena kritik yang berlebihan dari orang lain kepada blog kita, "keep blogging" walaupun mgkn banyak orang yang tidak cocok dengan "rasa pahit" dari blog kita. Namun jangan menghilangkan rasa hormat buat orang yang mengkritik blog kita karena setiap kritik yang ada akan semakin membuat kita punya motivasi dalam memperbaiki diri."Jangan biarkan blogmu membisu" kata kang asep. Blogger secara sadar atau tidak, telah memberikan sumbangsih kepada masyarakat agar masyarakat INDONESIA berproduksi walaupun hanya lewat tulisan. Blogger juga telah menjadikan masyarakat INDONESIA "melek informasi" walaupun hanya dengan sedikit artikel yang kita muat di blog kita.

Jangan marah ataupun tersinggung jika tadi saya menulis "BLOG-MU PAHIT", karena itu penilaian saya kepada Blog yang mempunyai identitas dan ciri khas yang kuat. "Sesempurna apapun kopi yang kamu buat, kopi tetaplah kopi, ada rasa pahit yang tidak bisa kamu sembunyikan". Silahkan anda masing2 mengartikannya, karena saya pun masih bingung dengan arti kata itu hehehe...selamat subuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar