Sabtu, 08 November 2008

Ayam dulu ato Telur dulu ?

Pertanyaan pat gulipat antara ayam dulu atau telur dulu yang sering kita dengar dan sampai sekarang belum ada jawaban yang memuaskan mungkin juga akan mempengaruhi pola pikir kita terhadap blog yang kita kelola saat ini. PageRank dulu atau Traffic dulu ? Dua2nya dong..ah kemaruk loe hehehe..Mungkin seperti itulah gambaran kasar tentang pola pikir para blogger newbie seperti saya ini. Malu kalau dah 6 bulan PR masih 0 tapi gak enak juga kalau dagangan "clometan" kita gak laku karena gak ada yang ngasih komentar. Tamunya pada langsung ngacir setelah nulis buku tamu tanpa meninggalkan jejak pada komentar hasil postingan kita. Kalau BW (blogwalking) terus, kapan belajar SEO yang njelimet itu ? Kalau belajar SEO terus, kapan BW nya ? ntar malah tamu kita pada selingkuh kelain blog. Lho bukannya Blog ber-PR gedhe tu pasti jaminan mutu kalau Trafficnya juga "seabrek" ? eit..kata siapa ?

Lihat deh blognya paman gober. PR nya masih 0 tapi traffic nya udah "gila2an". PR adalah logaritma misterius dari om google, sedangkan traffic adalah jumlah pengunjung yang "lalu-lalang" di blog kita, jadi keduanya tuh gak ada hubungannya, sepupu aja enggak kok hehehe..Trus apakah dengan begitu kita gak usah terlalu perhatikan PageRank ? eit siapa lagi tu yang bilang ? kalau berani jangan dibelakang gitu deh ngomongnya..hahaha (peace man).PageRank juga punya andil agar blog kita dipersilahkan masuk dahulu oleh om google di search enginenya. Gimana seh, katanya gak boleh dua-duanya? wah berarti aku yang kemaruk ya? hahaha..dasar..aku juga bingung, maklum newbie yang coba2 buat tulisan master SEO.

Begini kawan, untuk kita2 yang masih newbie sih saranku harus perhatikan traffic dulu. Jack Febrian dalam bukunya yang berjudul Google & yahoo secret mengatakan no traffic-no sales-no profit. Jadi lakukanlah yang terpenting terlebih dahulu. Traffic yang menjadi target kita adalah Raja dan lakukanlah dengan konsisten. Ada juga istilah bahasa masternya on Page or of Page. Lakukanlah pembangunan kedalam dahulu, baru berkoar2 keluar. Gitu deh kata mas bayu mukti. Ada 3 langkah agar traffic kita terjaga. 1. Fokus 2. Fokus 3. Fokus. Jadi tak ada kata lain yaitu tetap fokus pada Traffic. Kalaupun nanti PageRank, AlexaRank, technorati dll pada naik, anggap aja itu bonus buat kita.

Utak-atik keyword, sentil judul, dan meraba pasar pembaca adalah langkah awal setiap orang yang ingin membangun blog yang berkualitas. SEO seharusnya bukan lagi bahan pembicaraan para master2 atau peserta Busby SEO test, tapi semestinya sudah harus bisa dicicipi oleh kita2 yang masih belajar membaca peta dunia blog karena itulah fondasi awal kita membangun blog yang dinamis. "its too dificult but posible to learn". Kita pelajari dasarnya dan kita kembangkan menurut kreativitas kita masing2. Selamat berkembang kawan, sukses untuk kita semua. Nih ada tool titipan bang abu raihan buat sobat2 semua yang ingin cekcross PR,Alexa,technorati dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar