Kamis, 26 Februari 2009

Google Translate

Google Translate memang menjadi sebuah fasilitas Google yang sangat membantu, khususnya bagi Blogger dan setiap orang yang mempunyai keterbatasan dalam berbahasa inggris ataupun bahasa lain untuk menterjemahkan informasi yang ia dapatkan dari internet. Achiles sendiri saat ini sangat bergantung dengan Google Translate untuk men translate e-Book gratisan yang aku dapet. Google Translate juga bisa menjadi sahabat bagi Blogger yang sudah mulai memasuki dunia monetize Blog karena pasti job yang diberikan oleh advertiser harus dalam bahasa Inggris. Ada banyak fasilitas bahasa dari A-Z yang disediakan oleh Google untuk memfasilitasi penggunanya agar lebih isa mengerti bahasa informasi yang ia dapatkan dari Google Search. Ini juga bisa menjadi senjata andalan bagi mahasiswa katrok yang gagap bahasa inggris, baik pasif maupun nihil sama sekali :D untuk melengkapi terjemahan jurnal maupun referensi buku bahasa asing.

Jadi inget saat pertama kali dapet job dari BV, Achiles kebingungan harus mengerjakannya seperti apa. Waktu itu malah kepikiran untuk beli alfalink di Gramedia agar Job yang aku terima bisa dikerjakan secara maksimal. Namun setelah mengingat adanya fasilitas Google Translate, maka niat beli alfalnk dibatalin dulu aja :D . Justru Achiles saat ini ingin memanfaatkan Google translate untuk membuat blog baru dengan ide semua artikel dalam Achiles-Blog ingin aku buat English versionnya agar makhluk-makluk negara asing juga bisa merasakan "kepedihan" membaca artikel Achiles yang sangat ruwet dan mumet ini hehehehe. Secara fakta memang ada banyak keterbatasan dari Google Translate untuk menterjemahkan artikel menjadi sebuah tulisan english yang enak dibaca, namun untuk pemula yang mulai serius belajar Bahasa english (waduh malu sama umur nie) maka Google Translate bisa menjadi sejata andalan.

Untuk teman-teman yang mulai menggeluti monetize Blog dan mempunyai keterbatasan bahasa inggris atau bahasa lain seperti Achles maka silahkan memanfaatkan Google Translate untuk membantu kelancaran job yang sudah diberikan oleh advertiser. Yang harus diperhatikan adalah bahasa yang teman-teman tulis adalah bahasa Indonesia baku agar Tool dari Mbah Google ini bisa berjalan dengan baik. Kalaupun nanti ada kata baku yang tetap tidak bisa diterjemakan, silahkan ganti dengan persamaan katanya agar keharmonisan kata bisa berjalan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar